Saturday, February 4, 2012

Materi Kuliah Pengantar Teknologi Informasi

 



›   Definisi

-          Data : merupakan catatan atas kumpulan fakta yang diperlakukan sebagai bahan mentah
-          Informasi : merupakan kumpulan data yang telah dimanipulasi yang memiliki makna di dalam konteksnya dan saling berhubungan.
-          Knowledge : hasil dari memahami informasi/ informasi tentang area/ perhatian tertentu/ informasi untuk mendukung keputusan.
-          Teknologi : Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis.
-          Teknologi  informasi : studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.

›   Jenis data : Teks, Gambar, Audio atau Suara, Video

›  Sifat informasi ada 2, yaitu Perfect (sempurna, pasti) dan Imperfect (tidak sempurna,  mengandung unsur ketidakpastian).

›  Sebuah informasi dikatakan baik apabila informasi tersebut disampaikan secara akurat, tepat waktu, mudah diakses, menghilangkan keraguan, berhubungan, dan berdasarkan fakta.

›  Sumber informasi bisa diperoleh dari pengataman lapangan (observasi), kuesioner, kejadian/event (pencatatan/perekaman), pemodelan (simulasi, forecasting), media massa, alat telekomunikasi, alat elektronis, dll.

›   Evolusi Abad Informasi

a.    Abad Pertanian (Tahun < 1800
b.    Abad Industri (1800 – 1957)
c.    Abad Informasi (1957 – sekarang)

›  Keterkaitan antara data dan informasi : informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang melalui suatu proses/kejadian untuk menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya

›  Keterkaitan antara data, informasi dan knowledge : data diolah menjadi informasi, dari  sekumpulan informasi terbentuk pengetahuan yang akhirnya menghasilkan suatu keputusan.

›  Tujuan teknologi informasi : memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.

›  Fungsi teknologi informasi : menangkap (Capture), mengolah (Processing), menghasilkan (Generating), menyimpan (Storage), mengambil kembali (Retrieval), melakukan transmisi (Transmission).

›   Komponen utama teknologi informasi

a. Hardware (HW) : bagian fisik dari sebuah teknologi
b. Software (SW)   : sekumpulan item atau objek yang membentuk “konfigurasi”.
c. Brainware (BW) : manusia  yang berhubungan dengan sistem  komputer.
 

0 comments:

Post a Comment